Kerja Part time input data 1 data 10000

Ubi Jalar, Makanan Alternatif Untuk Kesehatan

type='html'>

Salah satu jenis bahan pangan yang kaya akan karbohidrat adalah ubi jalar. Bahkan, di Jepang harga tepung ubi jalar dihargai empat kali lipat lebih mahal dibanding harga tepung terigu. Karena mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, penelitian mengenai ubi jalar pun semakin sering dilakukan. Yang lebih menariknya lagi, meski rasanya manis, ubi jalar ternyata bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang mengalami masalah kesehatan atau menjalani program diet.
Apa saja kandungan nutrisi yang terdapat di dalam ubi jalar sehingga bermanfaat dalam menjaga kesehatan? Simak ulasannya berikut ini, seperti yang dilansir dari healthmeup dan health,

Rendah karbohidrat
Meski terasa lebih kenyang setelah melahapnya, namun ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari kentang. Jika dibandingkan ubi dan kentang yang berukuran sedang, diketahui kentang mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat.
Kaya serat
Ubi jalar juga merupakan pilihan yang baik untuk menyehatkan organ pencernaan. Ubi jalar yang berukuran sedang mengandung 7 gram serat. Diketahui, serat dalam ubi jalar mampu membakar makanan menjadi energi sedikit demi sedikit, sehingga Anda tidak mudah lapar.
Tinggi kalium
Jika pisang merupakan buah yang memiliki kalium dengan porsi yang optimal, maka dalam bahan makanan, ubi jalar lebih unggul. Bahkan, ubi jalar memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi dibanding pisang. Kalium sendiri merupakan mineral yang berfungsi untuk keseimbangan air dalam tubuh, memaksimalkan fungsi elektrolit, dan menjaga kerja serta kesehatan sistem saraf.
Kaya vitamin B6
Vitamin B6 dalam ubi jalar sangat penting dalam mengurai zat yang disebut homosistein, yang memberikan kontribusi untuk pengerasan arteri dan pembuluh darah. Vitamin B6 membantu menjaga dinding dari lorong-lorong darah agar fleksibel dan sehat yang memungkinkan darah mengalir secara bebas.
Diperkaya vitamin A
Beta-karoten atau vitamin A merupakan antioksidan penting. Ubi jalar juga memiliki kandungan jenis vitamin ini. Vitamin A sangat berguna dalam pencegahan beberapa jenis kanker karena merupakan salah satu antioksidan yang paling kuat. Beta-karoten juga membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.
Vitamin C dan E
Ubi jalar juga kaya akan vitamin C dan E. Ini adalah vitamin antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit. Lainnya, kedua jenis vitamin ini juga berfungsi ganda dalam kecantikan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan membuatnya terus lembap.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More