Kerja Part time input data 1 data 10000

5 KESALAHAN SAAT MAKAN MALAM YANG BUAT BADAN TAMBAH GEMUK


Banyak orang menghindari makan malam karena takut gemuk. Padahal, Anda boleh saja menyantap makanan saat matahari terbenam. Hanya saja perhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Banyak yang tidak menyadari ada kebiasaan yang mungkin sepele tapi inilah faktor yang membuat berat badan bertambah saat makan malam.

Ahli gizi Lawrence J. Cheskin, MD, direktur Johns Hopkins Weight Management Center dan Mellisa Lanz pendiri The Fresh 20 seperti dikutip dari Huffington Post, menyarankan untuk menghindari beberapa kebiasaan yang salah saat makan malam, yakni:

1. Makan Malam dengan Porsi Besar
Menurut USDA saat makan malam diperlukan 450 dan 625 kalori, berdasarkan angka kebutuhan diet 1800 - 2000 kalori setiap hari untuk wanita. Lanz berpendapat, "Nutrisi makan malam harus ringan, porsi yang baik berada di bawah 500 kalori."

2. Hindari Berlama-lama di Depan Televisi 
Kegiatan menonton selalu disertai dengan camilan. Ini merupakan kebiasaan yang salah. Ketika fokus pada layar tanpa disadari tangan tidak berhenti mengambil camilan. Cheskin mengatakan masalah ini yang terbesar, dan ia menyarankan orang-orang memisahkan makan dari kegiatan lain. Saat makan, duduklah di meja makan dan hanya fokus pada apa yang Anda santap. Cara ini akan membuat lebih cepat kenyang dan puas.

3. Pemakaian Garam Berlebihan 
Garam dapat menyebabkan natrium berlebih untuk badan, ini salah satu faktor menambah berat badan. Coba ganti dengan rempah-rempah beraroma seperti bubuk lada hitam segar.

4. Makan Malam di Luar Rumah 
Banyak orang lebih memilih keluar rumah untuk makan malam baik bersama keluarga atau teman, karena praktis. Cheskin menyarankan untuk tidak lebih dari satu kali dalam seminggu makan di luar. Restoran biasanya cenderung menawarkan makanan dengan kandungan kalori tinggi yang berasal dari garam, lemak dan gula terlebih lagi makanan yang cepat saji.

5. Makan Dessert 
Memang makan malam rasanya kurang lengkap tanpa makanan penutup, tapi pemilihan menu dessert yang manis semakin membuat asupan kalori bertambah. Jangan makan hidangan penutup seperti cake atau es krim setelah makan besar karena kebiasaan atau tradisi, tapi pikirkan tubuh Anda. Makanan penutup juga membuat gula darah melonjak dan membuat Anda ingin makan terus.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More